SMK Krian 1 Juara 3 Nasional Storytelling Bahasa Inggris Pada KKGSI 2021

Setelah Bapak Fajar Rismantoro, S.Pd. yang memperoleh juara 2 di bidang Renewable Energy dan Bapak Eko Onny Nurcahyono S.Kom. yang memperoleh juara harapan 1 di bidang Smart School, kali ini SMK Krian 1 kembali mencatatkan prestasi pada tingkat nasional melalui Ibu Anifatun Nikmah, S.Pd yang mendapat juara ke 3 di ajang Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia 2021 (KKGSI 2021) dalam bidang bahasa Inggris dengan tema local culture storytelling. Keberhasilan Bu Iva (begitu biasa beliau dipanggil) tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama yang kompak dengan Shiva Aulia Alfiani (XII RPL 1), Sabrina Zifa Aulia (XII RPL 1) dan Mochamad Angger Maulana (XII RPL 1) yang bertugas untuk mempresentasikan.

Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan secara daring mulai tanggal 4 agustus 2021 sampai dengan 10 September 2021. Tugas akhir dari pembelajaran ini adalah membuat promosi local culture dengan menggunakan storytelling bahasa inggris dalam bentuk vlog. Dengan adanya vlog ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa, meningkatkan literasi digital, menambah kecintaan siswa terhadap budaya daerah, memacu kreatifitas, serta mendorong siswa menggunakan secial media dengan konten positif.

Berbeda dengan KKGS Bidang lainnya, pada bidang bahasa Inggris terbagi menjadi 2 tahap. Pada tahap pertama total ada 170 peserta dari seluruh Indonesia yang terbagi menjadi 34 kelompok. Pada tahap kedua sebanyak 33 peserta yang lolos pada tahap pertama. Penilaian yang dilakukan tidak hanya kemampuan storytelling siswa tetapi juga nilai ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan promosi tersebut.

Judul tugas akhir dari Tim SMK Krian 1 adalah Pari Temple (Candi Pari). Alasan memilih judul ini karena ingin memperkenalkan local culture di Sidoarjo yaitu Candi Pari yang terletak di kecamatan Porong Sidoarjo. Kegiatan lomba berupa pertunjukan tour promotion candi pari sebanyak sebanyak empat kali yang terdiri dari dua kali secara virtual dan pertunjukan langsung  sebanyak dua kali.

Pengumuman Pemenang KKGSI Bidang Storytelling

Sasaran kegiatan ini adalah Siswa-siswi SMK Krian 1 Sidoarjo. Selain untuk memperkenalkan local culture Sidoarjo di kancah Nasional juga bertujuan supaya peserta didik di SMK Krian 1 Sidoarjo dapat menceritakan kembali tentang Candi Pari baik dalam bentuk writing maupun speaking pada proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Inggris.

*Good Job Bu Iva & Team*

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU