SMK Krian 1 Juara 2 Nasional KKGS Bidang Renewable Energy

Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia 2021 (KKGS 2021) resmi berakhir tanggal 30 November 2021. Kegiatan KKGS 2021 terselenggara atas sinergi beberapa instansi yaitu Direktorat SMK, SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, Industri, dan SMK pengampu. Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2021” merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan memeratakan mutu, serta mengimplementasikan teknologi industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK. SMK Krian 1 Sidoarjo berhasil mendapatkan juara 2 dalam bidang Renewable Energy – Pembangkit Listrik Tenaga Surya  melalui Bapak Fajar Rismantoro, S.Pd  dengan judul project  Smart Fish Feeder Berbasis Android dan Panel Surya. 

KKGS Bidang Renewable Energy ini dilaksanakan melalui zoom meeting sebanyak 11 kali pertemuan tanggal 16 Agustus – 20 September 2021 dengan narasumber : PT. Sebelas Cipta Mandiri Bandung, PPTIK Institute Teknologi Bandung (ITB), PT. Len Industri (Persero), CV. Digital Mandiri Technology (Dmtechno), Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) BATAN, Unit Produksi SMK Wira Buana 2 Bogor.

Dalam menyelesaikan project Bapak Fajar Rismantoro dibantu tim pendukung yaitu Risky Dimas Ardiansyah (XII TITL 6), Satria Surga Cahya (XII TITL 6), Wahyu Chandra Febriansyah (XII TITL 6). Smart Fish Feeder merupakan Mesin Pakan Ikan dengan sistem IOTS (Android) dan Renewable Energy, pengelolaan pakan ikan dapat terpantau melalui Android dengan energi terbarukan. Alat ini telah diujicoba di kolam ikan dan tambak dan bisa berfungsi dengan baik. Diharapkan dengan adanya alat ini, peternak ikan dapat mengontrol pemberian pakan darimana saja dan tentu saja hemat energi karena menggunakan listrik tenaga Surya.

Selamat Pak Fajar.

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU