[:id]Pembekalan Soft Skill untuk Kesiapan Peserta Didik Memasuki Dunia Profesional[:]

[:id]

Bekal untuk menuju dunia kerja atau professional tidak hanya keahlian dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan atau yang biasa disebut dengan hard skill, lebih dari itu dibutuhkan aspek lain dari masing-masing individu dalam “membawa diri” untuk berkomunikasi, berinteraksi dan bertingkah laku dalam suatu komunitas baik dengan teman sejawat, bawahan atau dengan atasan. Hal tersebut biasanya disebut dengan soft skill.

Dalam perkembangan kurikulum pendidikan Indonesia, sangat dirasa sangat minim pembekalan tentang soft skill, padahal hal tersebut sangatlah penting. “di banyak perusahaan ketrampilan itu nomer dua, sikap dan perilaku nomer satu, ketrampilan dapat diajarkan dengan cepat tetapi sikap dan perilaku butuh waktu lama untuk memperbaikinya …”, penjelasan yang disampaikan oleh Pak Indra Wahyu S, S.Pd, M.MPd waka humas SMK Krian 1 selaku koordinator pelaksanaan pembekalan soft skill di bidang public speaking pada hari Kamis, 4 Januari 2018 kemarin.

SMK Krian 1 telah berkomitmen untuk membentuk generasi penerus secara menyeluruh, tidak hanya pada hard skill saja, tetapi soft skill juga merupakan agenda dari program kerja masing-masing bidang di SMK Krian 1. Pembekalan Soft Skill  dalam Hal Public Speaking tersebut merupakan agenda awal tahun 2018 dari bidang humas. Kemampuan dalam berbicara di depan umum dirasa penting untuk menjadi bekal bagi peserta didik. Pembawaan diri dalam hal berkomuniasi di depan umum atau paling tidak berbicara dengan atasan yang belum dikenal dalam masa-masa wewancara kerja adalah hal yang akan dihadapi oleh calon-calon profesional.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Krian 1 tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI dari seluruh program keahlian. Nara sumber yang dihadirkan merupakan public relation dari dunia industri langsung yaitu Bapak Amri dan didampingi Bapak Andre dari PT. Sekawan Cosmetic yang merupakan salah satu mitra dunia usaha dunia industry SMK Krian 1. Pak Amri dan Pak Andre memberikan pembekalan secara lengkap beserta kegiatan simulasi kepada para peserrta didik untuk merasakan berbicara di depan umum. Hal tersebut merupakan pengalaman yang sangat berharga bahkan sebagian besar merupakan pengalaman pertama yang dialami oleh peserta didik.

Bersama SMK Krian 1 menjawab tantangan membangun bangsa dengan bekal hard skill dan soft skill yang memadai. Menjadi seorang yang profesional di bidang masing-masing adalah hal yang sudah jelas dapat diraih saat kita mau mengasah diri kea rah yang lebih baik. Mari maju bersama SMK Krian 1.

 

Galeri Pembekalan Soft Skill untuk Kesiapan Peserta Didik Memasuki Dunia Profesional

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU