[:id]Pembinaan Kantin Sehat SMK Krian 1[:]

[:id]

SMK Krian 1 menuju Adiwiyata, bukan hanya sekedar frasa untuk pelengkap dokumen maupun formalitas belaka. Semenjak SMK Krian 1 mendapat surat penunjukkan sebagai salah satu sekolah Adiwiyata, kami segera berbenah membentuk lingkungan sekolah yang memenuhi standar sekolah Adiwiyata. Salah satu aspek yang harus dicapai adalah terpenuhinya standar kantin sehat.

Melalui kelompk kerja (pokja) kantin Tim Adiwiyata Sekolah (TAS) yang dikoordinir oleh Dra. Nur Abidah, M.MPd dan Rini Indriyanti S. SMK Krian 1 bergandengan tangah dengan dinas Puskesmas Krian selaku badan resmi pemerintah dalam menjalankan program kesehatan masyarakat, serta SMK Krian 1 merupakan salah satu anggota warga masyarakat di wilayah Kecamatan Krian sehingga bentuk kerja sama tersebut merupakan bentuk kerjasama yang saling mendukung untuk terwujudnya program kesehatan dari pemerintah.

Pada tanggal 11 September 2017 diadakan pembinaan tentang kantin sehat, sasaran utama dari pembinaan tersebut adalah terciptanya kantin sehat baik dari makanan sampai dengan lingkungan yang ada di sekitar kantin. Sebagai nara sumber adalah Lailatul Isro’iyah, AmdKL dan Tri Indrayani. Peserta pembinaan adalah dari petugas kantin dan kader lingkungan SMK Krian 1. Dalam pengarahan yang diberikan oleh nara sumber, diinformasikan kriteria-kriteria kantin sehat serta beberapa contoh kantin sehat yang telah ada di lingkungan kecamatan Krian. Setelah itu dilanjutkan sesi observasi kondisi kantin SMK Krian 1 pada saat itu. Dari hasil observasi memang ada beberapa bagian kantin yang harus dibenahi untuk memenuhin standar kantin sehat, kebijakan lain seperti mengurangi atau menghilangkan penggunaan plastik untuk kemasan makanan, menghilangkan penggunaan pewarna dan pengawet makanan telah disosialisasikan kepada petugas kantin serta kader lingkungan yang merupakan perwakilan dari peserta didik SMK Krian 1.

Sampai dengan saat ini, penataan lingkungan kantin SMK Krian 1 terus dilakukan, kebijakan untuk tidak menggunakan pengawet dan pewarna makanan serta kemasan plastik segera direspon positif oleh petugas kantin. Peserta didik pun ikut sebagai pelaksana mewujudkan kantin sehat dengan berperan sebagai konsumen dan sebagai pengawas apabila terdapat pengunaan bahan makanan maupun kondisi lingkungan yang kurang memenuhi standar.

Galeri Pembinaan Kantin Sehat oleh Dinas Puskesmas Krian

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU