[:id]SMK Krian 1 Menjadi Tuan Rumah LKS 2017 Bidang Production Machine[:]

[:id]

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Tahun ini, SMK Krian 1 Sidoarjo mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah salah satu bidang lomba LKS yaitu Production Machine. Bukan tanpa alasan pihak kabupaten memilih SMK Krian 1 sebagai tuan rumah bidang lomba tersebut, tentu ada pertimbangan khusus yang menjadikan SMK Krian 1 layak untuk menjadi tuan rumah. Kelengkapan serta sarana yang menjadi fasilitas SMK Krian 1 bidang keahlian pemesinan menjadi penilaian utama dinas Sidoarjo menunjuk SMK Krian 1 sebagai tempat gelaran bergengsi tersebut.

Acara yang diagendakan tiga hari mulai hari ini, Selasa 3 Oktober sampai dengan 5 Oktober 2017 telah dipersiapkan dengan matang oleh pihak panitia SMK Krian 1 sebelumnya, baik kesiapan tempat, bahan, alat maupun mesin yang akan digunakan. Tidak banyak yang harus dipersiapkan, karena memang standar pembelajaran yang dilakukan sehari-hari yang dilakukan bapak/ibu guru SMK Krian 1 sudah baik, kondisi mesin-mesin praktik juga sangat layak dan terawat bahkan tergolong jenis mesin terbaru.

Acara yang diikuti oleh 13 SMK seluruh kabupaten Sidoarjo tersebut memiliki tujuan akhir membuat sebuah mesin bubut mini. Tingkat kesulitan yang cukup tinggi harus dilalui oleh masing-masing peserta, rangkaian kegiatan yang harus dilakukan antara lain melakukan bubut, frais, bor dan kerja bangku. Adapun daftar peserta yang mengikuti LKS Production Machine di SMK Krian 1 adalah :

  1. M. Rifkiyanto (SMK Tri Sakti)
  2. M. Yusha A (SMK YPM 8)
  3. A. Yahya D A (SMK A Yani)
  4. Firman Puji W (SMK Persatuan)
  5. Dhifni Maulana (SMK PGRI 1)
  6. Rico Saputra (SMKN 1 Sidoarjo)
  7. M. Roub A (SMK Krian 1)
  8. M. Suyadi (SMK YPM 7)
  9. Alwiyono R (SMKN 3 Sidoarjo)
  10. A. Razikin (SMK Dharma S)
  11. Erhans (SMK YPM 1)
  12. M. Rizal (SMK Muhamadiyah 2)
  13. M. Luqman (SMK Krian 1)

Daftar peserta tersebut merupakan urutan dari hasil pengundian yang dilakukan di awal hari pertama. Urutan tersebut berfungsi sebagai penempatan peserta pada penggunaan mesin yang tesedia. Jadwal untuk hari pertama dan kedua adalah pembuatan part untuk mesin bubut mini. Hari ketiga adalah perakitan atau assembly.

Selamat berlomba untuk para peserta, usaha dan kerja keras kalian merupakan seberkas cahaya harapan bagi bangsa Indonesia. Lomba LKS tersebut merupakan salah satu jalan untuk meraih masa depan yang cemerlang. Semoga hasil yang terbaik yang dapat kalian berikan, masalah menang atau kalah itu hal yang sudah biasa dalam suatu lomba, namun semangat juang yang tinggi mampu menginspirasi orang-orang di sekitarmu.

Galeri SMK Krian 1 Menjadi Tuan Rumah LKS 2017 Bidang Production Machine

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU