[:id]Bersama Orang Tua, Berkomitmen Memberikan Pendidikan Menyeluruh dan Berkesinambungan[:]

[:id]

Sabtu, 5 Agustus 2017 telah diundang sejumlah tujuh ratusan orang tua wali siswa kelas X baru tahun ajaran 2017-2018. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin awal tahun pelajaran yang dilakukan oleh SMK Krian 1 yang bertujuan membangun komitmen bersama untuk mendidik siswa-siswi SMK Krian 1 khususnya kelas X yang baru.

Dari buletin psikologi yang dikeluarkan oleh Titik Kristiyani tentang “Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa terhadap Sekolah : Studi Meta-analisis” menjelaskan bahwa keterlibatan orangtua di sekolah dapat didefinisikan sebagai partisipasi orangtua dalam pendidikan anaknya dengan tujuan mendorong kesuksesan akademik dan sosialnya. Keterlibatan orang tua di sekolah mengandung multidimensi. Grolnick dan Slowiaczek (1994) menunjukkan tiga dimensi keterlibatan orangtua di sekolah yaitu terdiri dari aspek perilaku, intelektual/kognitif, dan personal. Epstein (1995)mendefinisikan keterlibatan orangtua di sekolah ke dalam beberapa aktivitas yang dilakukan orangtua, yang meliputi aktivitas pengasuhan anak, komunikasi deng anak, menemani anak belajar di rumah, terlibat dalam kegiatan di sekolah, serta membantu anak membuat keputusan terkait masalah akademik. Fan (2001) mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang lain lagi, yang meliputi kegiatan orangtua membuat aturan menonton televisi, kontak dengan sekolah, mengikuti asosiasi orangtua guru, mensupervisi, dan mendukung aspirasi anak.

Dari hal tersebut, SMK Krian 1 berusaha meeewujudkannya. Bertempat di Aula Graha Family SMK Krian 1, tepat pukul 08.00 WIB acara pertemuan dengan orang tua wali murid kelas X tahun ajaran 2017-2018 dimulai dengan agenda :

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
  3. Sambutan Ibu Dewan Pembina YPP Krian-Sidoarjo
  4. Sambutan Ibu Ketua YPP Krian Sidoarjo
  5. Sambutan ketua komite
  6. Sambutan Kepala SMK Krian 1
  7. Presentasi profil SMK Krian 1
  8. Program Adiwiyata SMK Krian 1
  9. Tanya jawab
  10. Penutup
Dalam sambutannya, Ibu Nuning Nurningtyas, SE, MM selaku ketua dewan pembina Yayasan Pembangunan Pendidikan (YPP) Krian-sidoarjo menyampaikan, “Bapak dan ibu tidak salah mempercayakan pendidikan formal putra-putri bapak dan ibu di SMK Krian 1…”, hal ini disampaikan memang bukan tanpa alasan, keberhasilan ke tahap kehidupan selanjutnya para lulusan SMK Krian 1 sudah terbukti mayoritas mendapatkan kerja atau yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai bidangnya sudah siap karena bekal dari SMK Krian 1 sangatlah cukup, ditambah lagi visi SMK Krian 1 yang mewujudkan sekolah bertaraf internasional telah terwujud untuk menjawab Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), SMK Krian 1 telah menjalin kerjasama dengan sekolah kejuruan di luar negeri seperti Thailand dan Vietnam. Kegiatan pertukaran pelajar juga telah rutin dilakukan oleh SMK Krian 1 setiap tahunnya.
Bapak Fakih, S.Pd selaku ketua komite, menyampaikan pentingnya kerjasama antara pihak sekolah dan wali peserta didik dalam hal mendidik anak, bagaimanapun perkembangan anak apalagi di masa-masa peralihan menuju ke usia dewasa merupakan tanggung jawab penuh dari orang tua yang sebagian diserahkan melalui sekolah. Hal tersebut menunjukkan harus adanya komitmen, komunikasi serta keikutsertaan mendidik anak yang berkesinambungan antara orang tua dan sekolah.
Sambutan yang telah disampaikan oleh YPP dan komite merupakan serangkaian arahan yang mengawali petunjuk teknis berupa sosialisasi profil, aturan dan program-program sekolah yang disampaikan oleh Ibu Dhini Mekarsai, S.Pd, M.MPd  selaku kepala dan Bapak Indra Wahyu S, M.Pd selaku waka humas SMK Krian 1. Melalui instrumen berupa aturan siswa SMK Krian 1 yang telah dibagikan sebelumnya, Didampingi seluruh wali kelas X tahun ajaran 2017-2018, ibu Kepala Sekolah memperjelas dan menekankan beberapa poin yang rawan, sering terjadi dan dilakukan oleh peserta didik seperti keterlambatan dan absensi siswa. Pihak SMK Krian 1 sangat tegas menerapkan aturan aturan tersebut demi membentuk manusia-masnusia dengan nilai-nilai disiplin yang tinggi. Arahan dari Ibu Dhini dianjutkan oleh Bapak Indra dengan mempresentasikan program-program sekolah melalui profil SMK Krian 1.
Adiwiyata merupakan materi presentasi berikutnya yang disampaiakn oleh Pak Indra. Pemaparan program Adiwiyata sangat penting diberikan supaya orang tua wali peserta didik memahami apa yang dimaksud dengan Adiwyata yang kemudian bisa memunculkan pemahaman bersama arah keberlangsunga sekolah kususnya dalam hal membina generasi penerus yang peduli akan laingkungan hidup. Sudah menjadi tanggung jawab bersama bahkan seluruh manusia untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup kepada generasi penerus untuk masa depan bumi yang bisa selalu terjaga kelestariannya.
Pada sesi tanya jawab, tidak sedikit orang tua wali yang ingin menyampaikan pertanyaan, pendapat dan pandangan-pandangan mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya respon baik dari orang tua untuk bersama-sama menata peserta didik melalui pendidikan di SMK Krian 1 melalui komitmen memberikan pendidikan menyeluruh dan berkesinambungan.
 
Galeri Koordinasi Orangtu Wali Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2017-2018

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU