[:id]Wisuda SMK Krian 1 2017 : Mengukir Kenangan Menggapai Harapan[:]

[:id]

Kamis, 11 Mei 2017 bertepatan dengan hari libur nasional, SMK Krian 1 melangsungkan prosesi upacara purna siswa atau wisuda peserta didik kelas XII tahun ajaran 2016/2017. Tujuh ratusan siswa diwisuda dengan nuansa hikmat dan haru. Mengusung tema “Mengukir Kenangan Menggapai Harapan”, wisuda tahun ini mencoba menggali kenangan para peserta didik dalam menempuh pendidikan di SMK Krian 1 selama tiga tahun ini serta menyiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih baik lagi. Menyongsong masa depan sesuai dengan harapan dari masing-masing pribadi, tentunya harapan untuk memperoleh hidup yang bermakna. Hal tersebut tertuang dalam sambutan yang disampaikan oleh Ibu Dhini Mekarsari, S.Pd, M.Pd pada saat membuka acara wisuda.

Dimulai pukul 07.00 WIB, acara wisuda dibuka dengan persembahan pujian dari anak-anak Banjari SMK Krian 1 dengan background suasana peserta wisuda yang sibuk mencari tempat duduk masing-masing dimana tempat duduk yang telah disipakan oleh panitia dua hari sebelumnya telah diberikan identitas masing-masing wisudawan. Wisudawan serta orang tua berdatangan terus mengalir sehingga ruang aula Graha Family dan lapangan tenis SMK Krian 1 semakin penuh. Kesibukan panitia penerima  tamu juga semakin seru menerima para undangan. Pukul 07.45 WIB giliran persembahan olah gerak dalam tari tradisional yang dipersembahakan oleh para siswi SMK Krian 1 yang tergabung dalam ekstrakurikuler tari.

Tepat pukul 08.00 WIB prosesi rangkaian acara wisuda dibuka oleh pembawa acara dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggiris dengan mengundang para hadirin untuk berdiri menyambut datangnya rombongan kepala sekola beserta staff. Satu pleton  dari paskibraka SMK Krian 1 membuka lorong karpet merah di dalam aula dengan membawa bendera merah putih. Setelah lorong dibuka dengan pasukan merah putih, komandan pleton kembali untuk menjemput rombongan kepala sekolah yang telah siap di lapangan SMK Krian 1. Tiga panji yaitu bendera Merah Putih, bendera Pendidikan “Tut Wuri Handayani” dan bendera SMK Krian 1 menjadi awal rombongan kepala sekola beserta staff, yang melambangkan proses pendidikan yang berlangsung di SMK Krian 1 berfondasi pada nilai-nilai luhur pendidikan bangsa Indonesia. Paduan suara memberikan persembahan latar belakang berupa lagu Gaudeamus Igitur mengiringi rombongan memasuki ruang wisuda.

Setelah Kepala Sekolah beserta Staff sampai di ruang sidang, dilanjutkan dengan acara ordo kebangsaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta serta menyanyikan Mars SMK Krian 1 yang diikuti pleh seluruh wisudawan. Acara dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh M. Nashoikhul, peserta didik dari kelas XI Teknik Pemesinan 1 yang pernah menjadi juara dalam lomba MTQ se Kecamatan Krian. Ketok palu sebanyak tiga kali mengakhiri kata pembukaan oleh Kepala Sekolah. Riuh tepuk tangan dari para wisudawan beserta tamu undangan bersemangat pada saat itu.

Tepat pukul 09.15, prosesi wisuda dilakukan diawali dari peserta didik program keahlian Teknik Instalasi Tenga Listrik (TITL) sebanyak empat kelas, dilanjutkan dari program keahlian Teknik Pemesinan (TPM) sebanyak delapan kelas dan yang terakhir dari program Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak  tiga kelas. Diiringi paduan suara yang melantunkan lagu-lagu nasional menambah hikmatnya prosesi wisuda. Di sela-sela prosesi wisuda, ada sedikit kejutan karena peserta didik urutan paling akhir yaitu Siswi yang bernama Yunita Anggereni Puspita Sari dari kelas RPL 3 naik ke atas panggung dan mempersembahkan satu buah lagu dengan judul Lagu Untuk Mama semakin menambah rasa haru di hati para wisudawan. Yunita menyampaikan lagu tersebut spesial dipersembahkan untuk kedua orang tua yang telah membesarkan dirinya sampai saat ini. Dalam prosesi wisuda tersebut, para wisudawan mendapatkan sebuah tabung berlogokan SMK Krian 1 yang merupakan lambang dari pemberian ijasah kelulusan yang diberikan langsung oleh wali kelas masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan pemindahan tali topi wisuda dari sebelah kiri ke kanan oleh kepala sekolah yang melambangkan kelulusan dari masing-masing wisudawan secara sah dan berketetapan administrasi. Sebuah jepretan dokumentasi dengan kepala sekolah yang mungkin akan menjadi kenangan sekali seumur hidup bagi wisudawan saat setelah melaksanakan prosesi pemindahan tali wisuda membuat para wisudawan mengembangkan senyum mereka di hadapan kamera.  

Prosesi wisuda berlangsung sampai dengan pukul 11.15 WIB dan dilanjutkan dengan pembacaan prasetya alumni yang dibawakan oleh Yunita dan Lutfi Hagianto dan diikuti oleh seluruh wisudawan. Sebelum pembacaan janji tersebut, Yunita dan Lutfi diiringi dengan paduan suara menyanyikan Bagimu Negeri, secara spontan seluruh wisudawan ikut menyanyikannya, menambah rasa kebanggaan tersendiri dalam hati masing-masing wisudawan menjadi Warga Negara Indonesia dan secara tidak langsung mereka juga berjanji untuk memaknai hidup mereka dengan perbuatan mengharumkan nama bangsa.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Yayasan Pembangunan Pendidik Krian yaitu Ibu Rini Nurningtyas, SE, MM. kemudian sambutan dari perwakilan dari wisudawan yaitu oleh Aditya Ardiansyah dan terakhir sambutan oleh perwakilan orang tua wisudawan yaitu oleh ibu Dra. Sri Ayanah, orang tua dari Prakas Agung Budi Setiawan, peserta didik dari program kelas RPL 3. Bapak Heri Kristanto, S.Pd melanjutkan acara dengan membacakan daftar siswa berprestasi termasuk peraih nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tertinggi di SMK Krian 1 yang diraih oleh Aprimianti Sukma dari kelas XII RPL 1. Setelah itu Penutupan sidang dilakukan oleh kepala sekolah dengan menyampaikan kalimat penutupan serta kembali menutup dengan tiga kali mengetok palu. Sebelum meninggalkan ruang sidang, doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Arrifudin, S.Pdi, M.Pdi salah satu guru pendidikan agama Islam SMK Krian 1 dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan suasana yang khusyuk.

Paskibraka kembali melakukan pengawalan terhadap rombongan kepala sekolah beserta staff. Dengan keluarnya Kepala Sekolah berakhirlah seluruh rangkaian upacara wisuda tahun 2017 peserta didik SMK Krian 1. Wisudawan keluar dan disambut oleh orang tua masing-masing menuju ke lapangan tengah SMK Krian 1 untuk melakukan sesi foto.

Selamat untuk kelulusan kalian, wisuda merupakan salah satu pintu gerbang kalian menuju jenjang kehidupan selanjutnya, perjuangan kalian masih panjang terus bersemangat seperti semangat, budaya serta nilai-nilai yang dapat kalian ambil selama di SMK Krian 1. Meskipun telah menjadi alumni, nama SMK Krian 1 akan terus mengiringi kalian dalam segala upaya yang kalian lakukan untuk kehidupan yang lebih baik.

Galeri Wisuda SMK Krian 1 2017

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU