[:id]Semangat Kartini 2017 Para Pendidik SMK Krian 1[:]

[:id]

21 April merupakan tanggal memperingati hari  Kartini. Raden Adjeng (RA) Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional  yang lebih dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Pemikiran-pemikiran beliau yang saat itu dapat dikatakan sangat menentang adat dan budaya jawa yang mendiskriminasikan perempuan. Melalui surat-surat yang ditulisnya, RA Kartini menuangkan pemikiran-pemikiran tentang memperjuangkan nasib perempuan pribumi pada kondisi sosial saat itu. Sebagian besar surat-suratnya berisi keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar.

Perjuangan dan semangat RA Kartini tersebut yang membawa inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk sadar peranan perempuan tidak kalah penting dalam membangun bangsa. Pada hari ini Jumat 21 April 2017, dengan semangat RA Kartini serta sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan, para Ibu Guru mengenakan pakaian adat Jawa yaitu kebaya. Kebaya melambangkan budaya yang masih melekat pada daerah masing-masing, dan kegiatan mengajar merupakan bentuk emansipasi perempuan yang nyata. Meskipun SMK Krian 1 merupakan salah satu sekolah kejuruan dengan jumlah murid pria lebih banyak, semangat mengajar para Ibu Guru tidak dapat diragukan lagi, dedikasi mereka untuk dunia pendidikan sangat tinggi.

Pemandangan yang tidak dapat dilihat setiap hari terjadi di SMK Krian 1 pada hari ini, para Ibu Guru mengajar menggunakan kebaya. Hal tersebut dilakukan untuk memperingati perjuangan RA Kartini, serta sekali lagi memberikan inspirasi pada dunia pendidikan bahwa perempuan mampu beremansipasi dan tidak jarang peranan perempuan di beberapa bidang lebih besar dari pada pria. Beberapa kegiatan belajar mengajar juga terdokumentasi melalui foto-foto candid saat mereka mengajar.

Dikawal langsung oleh Ibu Kepala Sekolah, para Ibu Guru menyempatkan diri untuk foto bersama  mendokumentasikan peringatan hari Kartini SMK Krian 1 pada tahun ini. SMK Krian 1 juga mengadakan lomba untuk penampilan menggunakan kebaya terbaik, dan 2 orang pemenangnya adalah Ibu Dra. Nur Abidah, M.MPd dan Ibu Annie Ernawati, S.T. Mereka mendapatkan bingkisan yang langsung diberikan oleh Ibu Kepala Sekolah.

Semangat Kartini masih membara di SMK Krian 1, para Ibu Guru tetap berjuang dalam emansipasinya khususnya dalam dunila pendidikan di SMK Krian 1. Berjiwakan “Habis gelap terbitlah terang”, para “Perempuan” SMK Krian 1 berusaha dengan segenap jiwa membuat terang benderang masa depan peserta didik SMK Krian 1. Biarlah peringatan Kartini pada saat ini membawa inspirasi dan semangat baru dalam berkarya membangun masa depan bangsa Indonesia yang lebih cemerlang lagi.

Galeri Peringatan Hari Kartini 2017 SMK Krian 1

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU