[:id]Pemantapan LDKS OSIS dan Pramuka SMK Krian 1[:]

[:id]

Salah satu bentuk sinergi dua organisasi kesiswaan di SMK Krian 1 adalah Ospram. Ospram merupakan bentuk gabungan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka. Sinergi tersebut sengaja dibentuk oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan karena untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan bentuk pembinaan terhadap pengurus dan anggotanya. Salah satu bentuk pembinaan tersebut adalah kegiatan pemantapan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) Ospram SMK Krian 1 yang telah diadakan pada tanggal 8-9 April 2017 yang bertempat di Sasana Krida Jati Jajar Trawas Mojokerto.

Para pengurus dan anggota Ospram SMK Krian 1 telah berkumpul sejak pagi pukul 09.30, mereka melakukan apel singkat di lapangan tenis SMK Krian 1 untuk memeriksa kelengkapan barang serta kelengkapan anggota. Berangkat dari SMK Krian 1 dengan menggunakan 2 unit mobil TNI Angkatan Laut, mereka sampai di tujuan pukul 10.00 WIB. Kegiatan pemantapan LDKS tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh salah satu pembina pramuka mereka. Dalam upacara pembukaan tersebut disampaikan seluruh agenda kegiatan pemantapan LDKS serta pembentukan kelompok untuk memperlancar agenda yang telah dirancang. Setiap kelompok juga diwajibkan membuat yel-yel serta unjuk kebolehan yang pada saat acara api unggun akan diadu kelompok satu dengan kelompok yang lain.

Selesai upacara pembukaan, mereka melanjutkan kegiatan merapikan barang serta perlengkapan yang telah mereka bawa ke masing-masing tempat yang telah ditentukan. Agenda berikutnya adalah pemberian materi yang disampaikan langsung oleh para wakil kepala sekolah dan pembina OSIS. Materi yang secara garis besar tentang pengembangan diri meliputi kepemimpinan, public speaking, soft skill, keorganisasian dan lain-lain disampaikan dengan suasana yang kondusif dan para peserta sangat antusias dalam menerima materi-materi tersebut.

Istirahat diambil pada saat waktu menjalankan ibadah Sholat. Ditengah-tengah menunggu untuk sesi materi berikutnya, setelah Sholat setiap kelompok sibuk mempersiapkan yel-yel serta merencanakan unjuk kebolehan kelompok. Sesi materi selesai pukul 20.00 WIB.

Setelah sesi materi, acara selanjutnya merupakan acara yang dinantikan oleh setiap peserta yaitu api unggun. Dengan membentuk formasi melingkar, peserta pemantapan LDKS telah siap merasakan hangatnya api unggun yang telah disediakan panitia. Sukacita dan kebahagian terpancar dari wajah mereka karena setelah sehari penuh mengikuti sesi materi, mereka bisa melepaskan kepenatan dengan berbagi senyum satu peserta dengan peserta yang lain melalui adu yel-yel dan unjuk kebolehan masing-masing kelompok. Tak terasa hari telah larut, mereka harus beristirahat untuk mempersiapkan agenda hari kedua.

Hari kedua diawali dengan senam pagi serta sarapan dan dilanjutkan acara pokok yaitu outbound. Outbound menantang  para peserta pemantapan LDKS untuk menunjukkan kemampuan individu maupun kelompok dalam menghadapi rintangan yang telah disediakan. Outbound tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk implementasi materi pengembangan diri yang telah disampaikan pada hari pertama sebelumnya. Rintangan dan game yang telah dirancang oleh panitia sangat menarik dan para peserta penuh keceriaan mengikutinya.

Selesai outbound, para peserta diberikan waktu untuk mandi, bersih-bersih serta menata kembali barang serta perlengkapan yang mereka bawa masing-masing. Upacara penutup menjadi kegiatan penghujung pemantapan LDKS tersebut.

Semoga calon-calon pemimpin yang tergabung dalam Ospram SMK Krian 1 tahun 2017 dapat menjadi pribadi yang mampu memimpin yang diawali dari memimpin diri sendiri ke arah yang lebih baik. Mengenali diri sendiri merupakan langkah awal untuk menjadi pemimpin yang baik. Sukses terus dalam menjalankan tanggung jawab jabatan Ospram yang ada di SMK Krian 1. SMK Krian 1 Bisa !

Galeri Pemantapan LDKS OSIS dan Pramuka SMK Krian

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU