Studi Religi dan Sejarah Islam Ziarah WALI 5 (Update)

Sidoarjo – Sabtu, 14 Januari 2014 SMK Krian 1 mengadakan ziarah ke wali lima, diantaranya ke Sunan Ampel, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Sunan Derajat, dan Sunan Bonang.
Kegiatan ini selain bertujuan untuk kegiatan pembinan karakter religius Siswa SMK Krian 1 juga sebagai kegiatan edukasi tentang sejarah penyebaran agama islam di pulau jawa.
Sunan Ampel adalah seorang figur dari agama islam di Surabaya beliau merupakan penyebar agama islam di Indonesia dan pelopor pembangunan kota Surabaya. Beliau lahir di Campa (Kamboja) 1356 Masehi/756 H. Setelah melakukan ziarah ke sunan ampel dan semua sudah lengkap kami pun meneruskan perjalan ke sunan Giri, menurut salah seorang siswi SMK Krian 1 yang telah kami wawancarai kegiatan ziaroh wali ini sangat bermanfaat terutama pengetahuan akan riwayat hidup seorang wali. Dari makam Sunan Giri kami melanjutkan perjalanan ke Sunan Maulana Malik Ibrahim yang tepatnya berada di daerah kota Gersik. Sunan Maulana Malik Ibrahim mempunyai peninggalan yang berupa Masjid Mulana Malik Ibrahim dan kami pun melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid ini. Perjalananpun berlanjut ke

Selesai dari Sunan Maulana Malik Ibrahim, kini menuju ke Sunan Derajat yang berada di paciran lamongan. Setelah dari sunan derajat kami langsung menuju Kota Tuban yaitu ke makam Sunan Bonang. Selain berziarah di sana kami juga menyempatkan diri untuk melakukan wawancara kepada salah satu seorang juru tamu yang bernama Bapak Masruri, menurut beliau ”Sunan Bonang adalah sosok orang biasa yang merupakan keturunan orang Arab”. Seluruh rangkaian kegiatan ke lima wali pun telah terlalui dengan hikmat dan kami pun bersiap-siap untuk kembali ke SMK Krian 1. Kami sampai di SMK Krian 1 sekitar pukul 00.30 WIB namun keceriaan siswa-siswi SMK Krian 1 pun masih nampak terpancar dari wajah para siswa siswi. Demikian liputan dari kami mengenai kegiatan Ziarah Wali Tahun ini. Semoga liputan ini bermanfaat dan tunggu liputan kami di kegiatan selanjutnya (hum/indra).

Galeri Studi religi dan sejarah islam ziarah WALI 5


One thought on “Studi Religi dan Sejarah Islam Ziarah WALI 5 (Update)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU