Profil RPL

Kompetensi keahlian Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa inggris: Software Engineering atau SE)   adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pemeliharaan, pembuatan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak  adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara,  dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK KRIAN 1 Pratama dimulai pada tahun 2012 dengan jumlah siswa 70 Siswa dan sekarang pada tahun ajaran 2016-2017 mencapai 415 peserta didik.

 

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN

  1. Mencetak lulusan yang berketuhanan Yang Maha Esa, bertakwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  2. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
  3. Mecetak lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik nasional, regional maupun internasional dibidang Teknologi Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
  4. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.
  5. Menginstalasi software dan mengoperasikan software aplikasi spesifik.
  6. Merakit hardware personal computer khusnya laptop.
  7. Maintenace software aplikasi spesifik.
  8. Mengimplementasikan aplikasi-aplikasi, pemrograman berbasis client server, desktop,pengembangan web dlln.
  9. Mengelola usaha di bidang pembuatan software aplikasi.
  10. Membekali peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni agar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Memiliki Keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlaqul karimah.
  2. Berjiwa sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Mampu Merakit, Menginstalasi, Merawat, dan Memperbaiki  Personal Computer (PC).
  4. Mampu menginstalasi sistem operasi dan menginstalasi aplikasi-aplikasi komputer baik opened source ataupun closed source.
  5. Mampu menginstalasi jaringan lokal dan mengoperasikan jaringan wired dan wireless.
  6. Mampu merancang, membuat dan mengaplikasikan tampilan website secara statis.
  7. Mampu membuat dan mengaaplikasikan aplikasi berbasi android.
  8. Mampu membuat, mengelola dan memelihara aplikasi website dinamis.
  9. Mampu membuat, mengelola dan memelihara aplikasi berbasis desktop client-server.
  10. Mampu merancang, membuat, mengelola dan memelihara basis data client-server.
  11. Mampu merancang berbagai perangkat lunak berbagai platform dengan berbagai teknik pemodelan perangkat lunak.

 

PROSPEK LULUSAN

  1. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer.
  2. Teknisi Komputer.
  3. Teknisi Jaringan Junior.
  4. Software Engineer.
  5. Database Analyze.
  6. Web Designer.
  7. IT Consultant.
  8. Programmer Junior.
  9. Programmer Java.
  10. Programmer PHP.
  11. Analisis Sistem.
  12. Melanjutkan ke Perguruan Tinggi, atau Pondok Pesantren.
  13. Techno-Preneur (entrepreneur/wirausahawan bidang teknologi)
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU