Digital Smart Class

merakit-komputer-1Untuk memenuhi kebutuhan dunia tentang kompetensi keahlian di bidang IT, SMK Krian 1 berkomitmen untuk membuat Digital Smart Class dan kelas unggulan SMK Krian 1 ini sudah berjalan satu tahun dan memperoleh kemajuan yang signifikan. Pada masa sekarang ini banyak siswa dan siswi yang ingin bergabung ke dalam Digital Smart Class. Digital Smart Class ini juga menjadi Training Center untuk kompetensi keahlian di bidang IT bagi siswa & guru. Digital Smart Class di SMK Krian 1 memiliki kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Siswa akan diajarkan berbagai kompetensi meliputi :

  1. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
  2. Software Engineer.
  3. Teknisi Komputer.
  4. Teknisi Jaringan Junior.
  5. Database Analyze.
  6. Web Designer.
  7. IT Consultant.
  8. Programmer Junior.
  9. Programmer Java.
  10. Programmer PHP.
  11. Analisis Sistem.
  12. Melanjutkan ke Perguruan Tinggi, atau Pondok Pesantren
  13. Techno-Preneur (entrepreneur/wirausahawan bidang teknologi)

Digital Smart Class mengimplementasikan metode pembelajaran yang serba canggih. Ruang kelas abad 21, dimana  siswa kelas ini belajar materi adaptif, normatif dan produktif di ruangan berbasis teknologi dan interaktif, perkelasnya hanya 30 siswa, dengan tujuan siswa bisa semakin fokus dalam pembelajaran. Siswa Digital Smart Class Program adalah siswa pilihan yang diseleksi dengan menggunakan berbagai jenis tes, Diataranya :

  1. Test Analogi.
  2. Test Intelegensi.
  3. Test Kemampuan dasar komputer.
  4. Test Kemampuan Numerik & Ketelitian.
  5. Test Penalaran analitis.

Digital Smart Class juga memiliki peralatan yang canggih seperti Finger Touch Portable Interactive Whiteboard, Eduboard, WPS ( Wireless Presentation System ), Proyektor, dlln. Di samping itu, Digital Smart Class siswa yang belajar di Digital Smart Class juga mendapatkan Labjas Statis untuk praktikum sesuai standar perusahaan internasional. Kelas ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih untuk menunjang pembelajaran siswa yang salah satunya adalah Eduboard (papan tulis layar sentuh). Dengan menggunakan eduboard guru dapat menerangkan pelajaran dan menulis dengan hanya menggunakan jarinya saja. Catatan atau tampilan yang ada di papan tulis digital ini secara otomatis akan muncul di laptop siswa dan siswa dapat menyimpannya berupa file digital yang siap di akses kapan saja dari berbagai gadget untuk belajar.

IMG20161101073751Selain itu guru dapat mengontrol siswanya melalui laptop guru menggunakan software manajemen yang dapat diakses menggunakan jaringan. Dengan demikian guru dapat mengetahui apa saja yang dikerjakan siswa di laptop masing-masing. Kelas ini juga sudah paperless artinya catatan, ulangan harian dan ujian sudah online dan dapat diakses melalui PC, laptop, Tablet atau Handphone. Semua proses belajar mengajar baik normatif, adaptif maupun produktif dilakukan di Digital Smart Class jadi semua guru yang mengajar di kelas ini wajib hukumnya juga menguasai IT.

Setiap siswa yang masuk Digital Smart Class juga akan mendapatkan subsidi laptop yang berupa spare part dari Axioo dan para siswa akan merakitnya menjadi sebuah laptop yang akan menjadi milik siswa tersebut. Dengan merakit laptop sendiri diharapkan siswa setelah lulus dari kelas ini dapat merakit dan melakukan instalasi  software sendiri. jadi setiap siswa di Digital Smart Class pasti akan mempunyai laptop.

merakit-komputer-2merakit-komputer-3

Kelas ini dikatakan sebagai kelas unggulan di SMK Krian 1 karena kelas ini mempunyai fasilitas yang memadai dan serba digital daripada kelas – kelas yang lainnya, materi yang diajarkan juga berstandart perusahaan internasional,  di kelas ini siswa – siswi juga diajarkan materi Soft Skill, di mana materi Soft Skill ini berguna untuk membangun kepribadian siswa – siswi untuk berprestasi dan memperoleh kesuksesan dimasa yang akan datang. Selain itu, Digital Smart Class juga memberikan materi Tutor Sebaya, di mana Tutor Sebaya ini siswa diwajibkan untuk mampu mengajari teman – teman sebayanya jika temannya tersebut belum paham/ mengerti tentang pelajaran/ materi yang disampaikan oleh guru. Di samping itu, siswa yang sudah dipilih menjadi Tutor Sebaya juga akan mengajari adik kelas & berguna juga bagi siswa tersebut untuk melatih Soft Skillnya. Kelas ini adalah hasil kerjasama dan dukungan SMK Krian 1 dengan perusahaan IT internasional, antara lain :

 

  • Axioo
  • Microsoft
  • Intel
  • Seagate
  • Adobe
  • Mikrotik
  • Maestrobyte
  • ASA
 IMG_0626

Digital Smart Class ini didesain untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia yang berwawasan IT(Information Technologi), sehingga dapat bersaing di dunia kerja saat ini. Siswa bianaanya juga siap mengahadapi perdagangan bebas antar negara atau masyarakat ekonomi asia (MEA).

Selain itu, siswa berhak untuk mengikuti sertifikasi kompetensi taraf internasional, untuk mendapatkan sembilan sertifkat yang berstandart  perusahaan internasional. Berikut sertifikat yang didapat siswa apabila lulus sertifikasi kompetensi :

  1. ACP 1 – Hardware Fundamental.
  2. ACP 2 – Hardware Maintenance.
  3. ACP 3 – Hardware Troubleshooting.
  4. ACP 4 – Bussiness Management.
  5. Seagate 1 – Basic Technical Support.
  6. Seagate 2 – Customer Technical Support.
  7. MTCNA – Mikrotik Certified Network Admin.
  8. MTA – Microsoft Network Fundamental.
  9. ACTI – Surveillance Technical Support

IMG_0627

Total Page Visits: 1099 - Today Page Visits: 4
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU