Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

Menurut pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegiatan dalam program kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum. Jelasnya bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum, yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender pendidikan satuan pendidikan.

Terdapat dua kriteria ekstrakurikuler, yaitu :

  1. Ekstrakurikuler wajib merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali bagi peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
  2. Ekstrakurikuler pilihan merupakan program ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Kegiatan ekstrakurikuler SMK Krian 1 mempunyai prestasi yang sangat membanggakan dalam beberapa perlombaan dan kegiatan, baik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Sekolah-sekolah maupun penyelenggara lainnya. Perekrutan anggota/peserta ekstrakurikuler didasarkan pada minat dan talenta peserta.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Krian 1 antara lain:

  1. Pramuka
  2. Al-Banjari
  3. Paskibraka
  4. Palang Merah Remaja (PMR)
  5. Voli
  6. Futsal
  7. Tari
  8. Tari Modern (Dance)
  9. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
  10. Pencak Silat
  11. Karate
  12. Bulu Tangkis
  13. Robotic
  14. Computer Aided Design (CAD)
  15. Basket
  16. Software Aplication
  17. Web Aplication
  18. CNC
  19. Band
  20. Qiroah

 

Total Page Visits: 2667 - Today Page Visits: 5
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU