Sosialisasi PKL Gelombang 2

SMK Krian 1 mengadakan sosialisasi dan koordinasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) gelombang 2 kepada Wali Murid kelas XI yang akan melaksanakan PKL gelombang 2. Dikarenakan suasana masih pandemi, maka sosialisasi ini dilakukan secara online melalui zoom meeting dan Youtube pada hari Jumat, tanggal 10 Desember 2021 pukul 14.00. Sosialisasi dipandu oleh Ibu Roshi Umbarsari, S.Pd sebagai moderator, Ibu Dhini Mekarsari, S.Pd, M.MPd selaku Kepala SMK Krian 1 Sidoarjo, Bapak Ahmad Roby, S.Kom Selaku Ketua Tim PKL dan Bapak Rahman F. Ginting ATS dari PT Mobito Karya Indonesia selaku perwakilan dari dunia industri.

Dalam sambutannya, Ibu Dhini Mekarsari menyampaikan bahwa PKL adalah sifatnya wajib bagi siswa SMK. Jika siswa SMK tidak menjalani PKL maka tidak bisa naik ke kelas XII. Ibu Dhini juga kembali menekankan bahwa yang dibutuhkan perusahaan saat ini bukan hanya skill atau keterampilan saja, melainkan karakter yang baik dengan attitude dengan sopan santun yang baik. Karena untuk masalah skill nanti bisa diajarkan di tempat PKL namun karakter adalah yang utama. Dukungan orang tua sangat penting dalam kelancaran PKL siswa siswi SMK Krian 1.

“Mohon Bapak Ibu mumpung anak-anak ini masih muda kita bebaskan mereka kemanapun untuk mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya, sehingga nanti di saat mereka lulus sekolah mereka terbiasa bagaimana bekerja, bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, bagaimana bekerja dengan orang, bagaimana peraturan di tempat kerja yang jauh lebih keras daripada peraturan di sekolah. Mohon dukungan dari orangtua, karena tanpa adanya dukungan orangtua kegiatan PKL anak-anak ini tidak akan bisa berhasil jadi sekolah sudah berusaha menjalin banyak kerjasama dengan dunia usaha dunia industri dan dunia kerja. Sekarang tinggal orang tua apakah mendukung anak-anak ini untuk mencari kerja atau istilahnya mencari tempat magang, mencari tempat praktek di luar sana. Tidak harus yang dekat rumah supaya anak-anak ini bisa mandiri”

Selanjutnya, Bapak Rahman F. Ginting selaku perwakilan dari PT Mobito Karya Indonesia memberikan pemaparannya terkait kondisi dunia kerja yang ada di PT Mobito Karya. Bapak Rahman juga menyampaikan pentingnya softskill dan karakter di era sekarang ini. Sesi selanjutnya Bapak Ahmad Roby S,Kom selaku ketua tim PKL menyampaikan hal-hal teknis terkait alur PKL Gelombang 2. Penjelasan beliau juga bisa dilihat melalui link berikut Ini. Pertemuan ini ditutup dengan sesi tanya jawab peserta seputar pelaksanaan PKL Gelombang 2.

Translate ยป
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU