VIDIO VIRAL dengan PENDIDIKAN KARAKTER

Pembuatan video viral oleh beberapa siswa SMK di salah satu sekolah di daerah sidoarjo. Ditemukan beberapa siswa membuat video dengan durasi waktu kurang lebih 3 menit dengan mengucapkan beberapa kata yang tidak patut diucapkan oleh anak sekolah. Video yang dibuat sebenarnya hal lelucun yang dibuat agar lebih viral diantara teman- teman sekolahnya.  Namun, keinginan untuk viral malah menjadi bomerang di sekolah. Video Viral yang dibuat ada kata – kata “megang komitmen itu gak segampang megang S*** rek”. Pemilihan kata yang tidak tepat dalam pembuatan video itu sangat mencengangkan banyak pihak. 

Video Viral yang dibuat sangat tidak patut untuk dicontoh. Mengingat usia mereka masih dibawa umur dan harus ada pengawasan dari guru maupun orangtua. Setelah ditelisik lebih lanjut oleh guru BK salah satu dari siswa tersebut memang sering berucap dan berkata yang tidak sepantasnya untuk diucapkan. Disinilah Peranan orangtua  dan guru berperan besar dalam proses pembentukan karakter anak. Pentingnya pendampingan  pendidikan karakter dalam mendidik seorang anak sangat dibutuhkan sekali. Pendidikan karekter yang positif dalam bertutur kata, dan berperilaku tentunya hal yang menjadi fokus orangtua dan guru disekolah. Agar tidak terjadi kesalahan lagi dalam pemilihan kata untuk berucap dan berperilaku narsisme di media sosial.

Pembuatan vidio viral ini sama halnya dengan gangguan Narsisme. Narsisme jika dikaitkan dengan pendidikan karakter sangat saling berkaitan. Arahan karakter yang baik dan bijak bisa menjadikan siswa lebih bisa memilih kata yang sopan dan santun untuk mereka membuat konten – konten yang baik dan layak untuk diphublikasikan. Bijak dalam narsisme adalah salah satu poin yang sangat penting dalam bermedia sosial. Bersikap bijak dalam pembuatan konten vidio viral, tidak terlepas dari kebiasaan dalam keseharian. Kebiasaan dalam berucap dan bertutur kata biasanya dipengaruh oleh faktor lingkungan dan kebiasaan dalam kehidupan sehari – hari. terlebih juga pendidikan karakter orangtua dirumah. untuk bertutur kata yang sopan sangat berperan penting dalam kehidupan seorang anak dalam bermasyarakat.

 

Total Page Visits: 638 - Today Page Visits: 5
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU