Pahlawan di Balik Debu

SMK Krian 1 merupakan sekolah pioner Adiwiyata di area kecamatan Krian. Sekolah yang ada di bawa naungan Yayasan Pembangunan Pendidikan ini sangatlah luar biasa dalam hal kebersihan lingkungan sekolahnya. Kebersihan lingkungan sekolah tidak lepas dari peranan warga sekolah baik dari kalangan kepala sekolah, siswa, guru, staff, dan bahkan tingkatan karyawan. Terlihat dengan jelas halaman sekolah yang sangat bersih, baik dari area depan sekolah, dan belakang area sekolah. Terlihat sangat bersih dan tertata dengan rapi.

Kebersihan lingkungan sekolah yang menjadi sebuah tanggung jawab besar sebagai seorang petugas kebersihan sekolah, bisa dibilang mereka adalah para pahlawan dibalik debu. Peranan para pahlawan dibalik debu di Skarisa sangatlah luar biasa. Petugas kebersihan yang terdiri dari bapak- bapak itu, selalu membersihkan halaman sekolah dan seluruh ruangan – ruangan yang ada di Skarisa dari pagi–pagi buta pukul 05.30 dan sore pukul 17.00 wib sehingga lingkungan kelas, halaman sekolah selalu terlihat bersih dan indah. Pahlawan di balik debu tidak hanya bertugas membersihkan ruang kelas saja, namun mereka juga merawat semua tanaman atau dikenal dengan area hijau yang ada di SMK Krian 1. Berbekalkan peralatan kebersihan para pahlawan dibalik debu membersihkan semua lingkungan SMK Krian 1 dengan tulus. Tidak dipungkiri hasil dari jeripayah yang dilakukan membawakan berkah untuk semua warga di Skarisa. Tentunya tidak terlepas dari kerja sama semua pihak dari berbagai pihak seluruh warga di Skarisa.

Bukti yang sangat terlihat adalah penyematan gelar sekolah Adiwiyata kepada Skarisa, merupakan hal yang sangat luar biasa. Hal ini membuktikan bahwa Skarisa memiliki sebuah tim yang sangat luar biasa dari berbagai bidang. Termasuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan sekolah yang dilakukan oleh pahlawan dibalik debu. Terkadang terlihat raut wajah lesu dan lelah di dalam diri pahlawan dibalik debu. tetapi tidak sedikitpun beliau rasakan kelelahan yang menghampirinya. Rasa lelah yang terbayarkan dengan sebuah kebersihan dan keindahan sekolah yang sangat luar biasa.

Prinsip menjaga kebersihan yang sudah tertanam di dalam diri pahlawan kebersihan di balik debu ini seolah sudah tertanamkan juga di dalam diri siswa dan siswi Skarisa. Sehingga tampak terlihat tanggung jawab yang sangat luar biasa yang harus kita apresiasi. Tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tanggung jawab untuk selalu merawat tanaman dan insftratuktur yang sudah ada di Skarisa.

Kebersihan dan keindahan sekolah sangatlah penting bagi semua warga sekolah. Sekolah yang nyaman adalah sekolah yang bersih dan tertib. Ketertiban sekolah tidak hanya bisa dilihat dari siswa yang disiplin saja. Namun juga bisa dilihat dari kebersihan sekolah dan kenyamanan lingkungan sekolah. Namun tanggung jawab dalam menjaga kebersihan juga termasuk tanggung jawab yang harus diterapkan dalam diri siswa dan siswi Skarisa. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan sikap pekah terhadap lingkungan itu sangat diperlukan sekali untuk keberhasilah sekolah Adiwiyata.

 

Total Page Visits: 1005 - Today Page Visits: 2
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU