PERUBAHAN PERILAKU DARI Y KE Z?


Di kalangan orang tua perubahan perilaku anak-anak sangat dibahas. Karena mungkin pergantian generasi juga mempengaruhi perubahan tersebut. Generasi Z, sebut saja begitu. Generasi Z? Siapakah itu? Mungkin masih banyak orang yang tidak paham dengan istilah generasi Z. Padahal istilah yang satu ini terbilang populer di bidang psikologi umum dan character building. Penamaan tersebut tidak diberikan secara asal-asalan. Teori ilmiah mengenai pembagian generasi Z serta beberapa generasi lainnya dikenal dengan istilah Generation Theory.

Sebelum berlanjut mengenai perubahan perilaku siswa saat ini, perlu diketahui apa saja sih macam atau jenis generasi dalam rentang 100 tahun ini?

  1. Generasi Baby Boomers (Lahir pada rentang tahun <1960)
  2. Generasi X (Lahir pada rentang tahun 1961-1980)
  3. Generasi Y/ Generasi Millenial (Lahir pada rentang tahun 1981-1994)
  4. Generasi Z (Lahir pada rentang tahun 1995-2010)
  5. Generasi Alpha (Lahir pada rentang tahun 2010-sekarang)

Anak-anak yang di tahun 2019 yang sedang menempuh pendidikan di tingkat SMP dan SMU termasuk dalam kelompok generasi Z. Berbeda dengan generasi-generasi pendahulunya, tentu saja generasi Z memiliki kemampuan yang lebih baik di bidang teknologi. Mereka yang termasuk dalam generasi ini lahir di era serba canggih. Sebuah era yang sudah diwarnai kehadiran internet dan berbagai gawai (gadget) untuk memudahkan segala aktivitas.

Contoh yang paling nyata adalah, anak-anak generasi Z rela kembali pulang hanya untuk mengambil gadgetnya yang tertinggal di rumah. Bahkan kemanapun mereka pergi, gadget adalah satu-satunya barang yang wajib dibawa, bisa dikatakan gadget sudah mendarah daging dan sudah menjadi bagian dari organ tubuh mereka. Dari salah satu contoh inilah yang mendasari perubahan perilaku pada anak pada era/generasi Z.

Dari semua hal atau contoh yang telah dipaparkan, bisa dikatakan perubahan perilaku pada generasi Z berhubungan dengan karakteristik mereka. Generasi Z memiliki beberapa karakteristik yaitu skeptis dan sinis, menjunjung tinggi privasi, dan ketergantungan akan teknologilah yang menjadi akar dari perubahan perilaku bahkan sikap mereka baik dengan teman sebayanya maupun dengan orang yang lebih tua.

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU