BAHASA JEPANG DI SMK KRIAN 1

Memasuki tahun ajaran 2019 – 2020 ada mata pelajaran baru di SMK Krian 1 yaitu Bahasa Jepang. Sesuai kurikulum 2013 program mata pelajaran bahasa asing merupakan mata pelajaran yang termasuk muatan lokal di SMK, yang dinilai cukup memberikan kontribusi kepada pemerintah terutama dalam mempersiapkan lulusan untuk siap terjun ke dunia kerja terutama dalam menghadapi MEA, mata pelajaran bahasa asing sangat perlu di ajarkan.

Hal ini mengacu pada permendikbud no. 60 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan pada pasal 5 ayat 10 yang isinya mata pelajaran umum kelompok B sebagaimana  dimaksud pada ayat (8)  dapat ditambahakan dengan muatan pelajaran lokal yang berdiri sendiri. Ditambah lagi dengan rasionalisasi pengembangan kurikulum 2013 yang dikembangkan berdasarkan faktor tantangan eksternal.

Tantangan eksternal yang dimaksud terkait arus globalisasi dan berbagai isu dengan masalah lingkungan hidup, budaya, kemajuan tekhnologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif serta perkembangan pendidikan di tingkat internasional. Melihat kenyataan ini semakin nyata dan tidak dapat dihindari generasi bangsa akan melewati proses globalisasi tersebut.

Jika kita sebagai pengajar SMK tidak mempersiapkan Softskills dan Hardskillsnya bisa jadi output sekolah kita akan terlindas oleh mengalirnya tenaga kerja asing yang masuk kenegara kita. Anak didik kita selain dibekali dengan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan  kejuruan juga perlu di bekali dengan kompetensi  keterampilan berbahasa asing sebagaimana bisnis, ekonomi, pendidikan, budaya, dan yang lainnya dapat sukses jika tidak dibekali dengan kompetensi bahasa asing yang baik dan komunikatif untuk menjembatani hal tersebut.

Maka dari itu dipilihlah mata pelajaran bahasa asing yaitu Bahasa Jepang sebagai salah satu kompetensi bahasa asing yang di ajarkan kepada peserta didik SMK Krian 1. Bukan tanpa sebab dipilihnya bahasa Jepang, seperti yang kita ketahui Jepang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi paling besar di Asia. Produk – produk buatan Negeri Sakura ini juga membanjiri pasar Indonesia, mulai dari setrika hingga mobil buatan Jepang, belum lagi untuk sektor lainnya.

Dengan segudang kelebihan yang dimiliki oleh Jepang, tentunya tak akan sulit untuk menimba manfaat dari mempelajari Bahasa Jepang terutama bagi pelajar SMK dimana perusahaan – perusahaan Jepang sangatlah banyak ada di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya pelajaran Bahasa Asing bahasa Jepang, lulusan SMK Krian 1 akan memiliki kelebihan dan skill berbahasa Asing lebih dari lulusan – lulusan SMA/SMK lain di dunia kerja nantinya. Apalagi perusahaan Asing terutama perusaan asing Jepang lebih menyukai calon pekerja yang memiliki kemampuan berbahsa Jepang. Selain sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja, kemampuan berbahasa Jepangpun sangat dibutuhkan terutama bagi pelajar SMK Krian yang berkeinginan untuk magang ke Jepang. Berdasarkan keterangan dari Bapak Roby selaku WAKASEK Bag. Humas SMK Krian 1, di Tahun 2020 diharapkan dan direncanakan akan memberangkatkan lulusan SMK Krian 1 untuk Magang ke Jepang.

Suasana pembelajaran bahasa Jepang di SMK Krian 1 

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU