Smart Garden SMK Krian 1 Juara II Nasional 2018

Selama kurang lebih satu bulan, tiga peserta didik SMK Krian 1 yaitu Ryan Nala Kusuma (XII RPL 1), Indra Setiawan (XII TITL 1) dan Zharvi Achmada (XI RPL 1) yang tergabung sebagai anggota Unit Robotika (URO) SMK Krian 1 berkutat naik turun tangga dari lantai satu ke lantai dua ke ruang robotik SMK Krian 1 dengan membawa berbagai peralatan seperti aquascape, waterpump, adruino, kabel, relay, selang dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Di ruang robotik tersebut mereka merancang sebuah karya  dengan bimbingan dari Pak Prasetya, guru RPL dan Ulfa Latifa Hanum, pembimbing ekstrakurikuler robotic. Karya tersebut adalah Smart Garden.

“Smart Garden Berbasis Android dan Speech Recognition”, tidak berlebihan judul dari karya mereka tersebut dibuat, karena pengetahuan dan kemampuan peserta didik SMK Krian 1 tersebut telah mempelajari materi sebelumnya. Pembuatan kerya berawal dari undangan pelatihan dan bimbingan teknis tentang Teknologi Produk Tepat Guna dan Kreatif Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan oleh direktorat pembina SMK Nasional. Ide kreatif terebut mampu diwujudkan dengan sempurna oleh anak-anak SMK Krian 1, dimana mereka membuat miniatur sebuah kebun lengkap dengan perlengkapan pemeliharaannya. Hanya dengan mengucapkan perintah suara menggunakan media android, maka fungsi-fungsi pemeliharaan dalam kebun tersebut akan berfungsi, sehingga lebih mempermudah dalam perawatan sebuah kebun. 

Selain menjawab tantangan revolusi industri 4.0, tim URO SMK Krian 1 memikirkan tanggung jawab SMK Krian 1 sebagai sekolah Adiwiyata, sekolah dengan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Untuk itu tema Smart Garden diambil untuk diwujudkan, karena diharapkan untuk ke depan usaha menjaga kelestarian serta menjaga lingkungan tetap hijau semakin mudah, efektif dan efisien.

90 peserta terkumpul setelah mendapat arahan, bimbingan dan petunjuk teknis dari direktorat pembinaan SMK Nasional. Mereka diarahkan untuk dapat membuat produk kreatif menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Dari 90 peserta tersebut, disaring lagi dengan menunjukkan ide dan rancangan karya secara online dan didapat 24 peserta terbaik dan termasuk SMK Krian 1. 24 peserta yang lolos seleksi diundang untuk menghadiri Pameran Produk Tepat Guna dan Kreatif yang diadakan di Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) pada hari Rabu 5 Desember 2018 kemarin. Dalam kegiatan tersebut diadakan sesi observasi serta wewancara kepada 24 peserta. Video karya Smart Garden SMK Krian 1 juga telah diunggah ke media Youtube sebelumnya. Di akhir sesi tiba saatnya untuk pengumuman pemenang.

Video Smart Garden SMK Krian 1

Sebagai juara pertama diraih oleh SMK Metro Lampung dengan judul karya “Smart Home Berbasis Web”, juara ketiga diraih oleh SMK Tunas Harapan Pati dengan judul karya “Lemari Otomatis untuk Peminjaman Alat Bengkel”. Sedangkan SMK Krian 1 meraih juara kedua. Sebuah prestasi yang harus diapresiasi tinggi untuk raihan tersebut, karena pastinya akan menjadi pendorong serta inspirasi bagi sekolah-sekolah lain pada umumnya dan seluruh peserta didik SMK Krian 1 khususnya untuk selalu mengambil kesempatan berprestasi, karena kesempatan yang datang nilainya sama tetapi hasil yang diperoleh tergantung usaha keras yang kita lakukan.

Prestasi juara kedua tingkat nasional dibidang vokasi tersebut juga menandakan bahwa SMK Krian 1 mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan positif terlebih kegiatan yang berpotensi meraih prestasi. Karena SMK Krian 1 adalah “Sekolah Tradisi Juara”.

 Galeri Smart Garden SMK Krian 1 Juara Nasional 2018

 

Total Page Visits: 6910 - Today Page Visits: 2
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU