[:id]Pengembangan Pendidikan Karakter dan Penumbuhan Budi Pekerti, Serta PTA Peseta Didik Baru 2018-2019[:]

[:id]

Upaya SMK Krian 1 untuk menanamkan karakter yang baik kepada peserta didik dilakukan secara serius dan berkesinambungan. Bahkan sejak peserta didik baru memasuki lingkungan SMK Krian 1 mereka digembleng dengan penanaman karakter dan budi pekerti yang baik. Hal tersebut tercermin dari program awal tahun SMK Krian 1 yang diberikan kepada peserta didik baru berupa diklat Pengembangan Pendidikan Karakter dan Penumbuhan Budi Pekerti yang diracik bersama dengan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Baru SMK Krian 1.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu, yaitu dari hari Senin 23 Juli 2018 sampai dengan Sabtu 28 Juli 2018 tersebut dibagi menjadi tiga gelombang, satu gelombang adalah dua hari satu malam. Karena memang terkendala tempat, fasilitas, pembina serta yang menjadi faktor penting adalah efektifitas dalam menyampaikan materi kepada peserta. Jika dilaksanakan secara serentak terhadap tujuh ratusan peserta didik baru, maka sangat tidak efektif penyampaian materi dan tujuan yang diharapkan dari kegiatan tersebut kurang bisa maksimal tercapai.

Bertempat di pusat pelatihan dan pengembangan karakter yaitu TSOT Prigen Malang, antusiasme peserta didik baru sangat tinggi, awalnya mereka mengira seperti tamasya, namun disana mereka betul-betul digembleng untuk menjadi insan yang memiliki karakter unggul dan berbudi pekerti yang baik. Para pembina yang memang sudah berpengalaman dalam memberikan bekal untuk pengembangan kepribadian sangat piawai meng-handle peserta yang ikut. Tidak hanya materi dalam bentuk pengetahuan, tetapi kegiatan yang dilakukan selama diklat tersebut diimbangi dengan permainan dan kegiatan fisik yang tentunya menyenangkan. Selain itu kegiatan fisik dan permainan tersebut memiliki makna yang positif untuk kehidupan sosial mereka, diantaranya sikap saling menghormati, menghargai, kerjasama dan banyak lainnya.

SMK Krian 1 berupaya memberikan bekal yang selengkap mungkin untuk setiap peserta didik. Karena harapan SMK Krian 1 sesuai dengan yang tertera pada misi yang kelima SMK Krian 1 yaitu : “Berorientasi pada pendidikan yang mengarah pada pembekalan kecakapan untuk hidup (Life Skill)”, tidak hanya pengetahuan dan ketrampilan saja yang menjadi fokus pembekalan pembelajaran, melainkan juga pada kecakapan sosial yang nantinya menjadi bekal hidup mereka, dan secara umum insan SMK Krian 1 mampu menjadi generasi unggul untuk membangun bangsa Indonesia ini.

Galeri Pengembangan Pendidikan Karakter dan Penumbuhan Budi Pekerti, Serta PTA Peseta Didik Baru 2018-2019

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU