SMK Krian 1 Sekolah Adiwiyata

Semenjak diperkenalkan tentang Adiwiyata dari bulan Mei 2017 yang lalu, SMK Krian 1 sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program tersebut. Karena sangatlah penting untuk menjadikan sebuah sekolah sebagai sekolah yang peduli lingkungan, dimana keterlibatan generasi penerus yaitu peserta didik harus segera ditanamkan kembali tentang kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar. Mengingat saat ini masalah lingkungan yang terjadi sangat kompleks dan kepedulian masyarakat yang masih rendah untuk memperhatikan kondisi lingkungan yang semakin hari semakin mencemaskan, misalkan permasalahan klasik yang sering timbul adalah sampah. Sampah sendiri membawa permasalahan turunan seperti banjir, wabah penyakit, lingkungan yang kumuh dan sebagainya. Permasalahan yang lain adalah masalah tata lingkungan yang ramah untuk kelestarian alam, pentingnya penghijauan sampai dengan pengolahan makanan yang sehat.  Untuk itu SMK Krian 1 menjawab tantangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo (DLHK) untuk membawa SMK Krian 1 sebagai sekolah yang peduli lingkungan. Kalau tidak dimulai sejak dini untuk memperhatikan lingkungan, maka kelak Indonesia akan menghadapi masalah serius dalam hal lingkungan hidup. 

Tahap demi tahap dilalui SMK Krian 1 untuk mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan, mulai membentuk Tim Adiwiyata Sekolah (TAS)  dan mengadakan pertemuan untuk berdiskusi tentang apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata. Setelah mendapat pencerahan dari beberapa sumber, TAS SMK Krian 1 segera melakukan aksi peduli lingkungan, setiap pokja menjalankan rencana aksi yang telah disusun, misalnya dari pokja partisipatif telah menyusun program-program untuk melibatkan semua civitas yang ada di SMK Krian 1 melakukan aksi peduli lingkungan hidup, mulai agenda rutin seperti gerakan Jumat Bersih sampai dengan workhsop dan pembinaan pengelolaan lingkungan hidup. Tidak berhenti pada langkah menerima pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan hidup saja, pokja partisipatif juga menyalurkan pengetahuan tersebut kepada masyarakat misalnya tentang pembuatan biopori, tempat sampah terpilah, kampanye tentang peduli sampah dan sebagainya. Pokja Sarana dan Prasarana juga disibukkan dengan mengevaluasi serta melengkapi sarpras SMK Krian 1 sesuai Petunjuk Teknis lingkungan sekolah yang memenuhi syarat sebagai sekoalh peduli lingkungan. Di sisi kebijakan, Bu Dhini Mekarsari, S.Pd, M.MPd (Kepala SMK Krian 1) merombak total arah kebijakan SMK Krian 1 mulai dengan penyusunan visi, misi dan tujaun SMK Krian 1 yang mendukung gerakan peduli lingkungan, perencanaan ulang RAPBS, evaluasi dan pembuatan Prosedur Operasional Standar (POS) yang ramah lingkungan dan sebagainya.

Setelah usaha maksimal yang telah dilakukan selama kurang lebih 5 bulan tersebut (Mei – November 2017), SMK Krian 1 mencoba untuk mengajukan ke DLHK sebagai sekolah Adiwiyata tahun 2017, pada bulan November 2017 kemarin, DLHK Sidoarjo dan asesor Adiwiyata Kabupaten berkunjung ke SMK Krian 1 untuk meninjau SMK Krian 1 apakah sudah memenuhi kriteria Adiwyata atau belum. Memang banyak yang masih harus diperjuangkan untuk menjadi sekolah Adiwiyata, dan kekurangan-kekurangan tersebut mendapat pendampingan serta arahan dari DLHK Sidoarjo untuk semakin melengkapi dan menyempurnakan.

Bertepatan dengan puncak acara rangkaian hari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 yang diadakan oleh DLHK Sidoarjo, Sabtu 20 Maret 2018 bertempat di Alun-alun Kota Sidoarjo, diadakan penyerahan piagam Adiwiyata oleh Bapak Bupati Sidoarjo kepada kepala sekolah yang sekolahnya mampu mewujudkan sekolah ramah lingkungan. Dan SMK Krian 1 merupakan salah satu sekolah yang mendapat piagam penghargaan tersebut.

Piagam penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 tersebut bukanlah raihan yang utama, karena tugas sebagai sekolah Adiwiyata terus akan berlanjut ke tingkat provinsi, nasional, mandiri dan bahkan tidak akan pernah berakhir perjuangan sampai tercipta lingkungan hidup yang lestari. Semangat SMK Krian 1 kiranya bisa menjadi inspirasi bagi seluruh organisasi khususnya sekolah-sekolah untuk bersama lebih peduli tentang lingkungan hidup. Kalau tidak diawali dari generasi penerus, dimulai dari mana lagi untuk memperjuangkan kelestarian lingkungan sekitar kita.

SALAM BUMI … PASTI LESTARI

ADIWIYATA … PASTI BISA

SIDOARJO … LUAR BIASA

JAWA TIMUR … JAYA JAYA JAYA LUAR BIASA

Galeri Penyerahan Piagam Adiwiyata Kabupaten Sidoarjo kepada SMK Krian 1

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU