[:id]Gerakan Sabtu Bersih SMK Krian 1[:]

[:id]

Menjawab “tantangan” dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo perihal SMK Krian 1 ditunjuk sebagai kandidat sekolah Adiwiyata, maka sejak awal Agustus 2017 SMK Krian 1 semakin gencar menggerakkan semua lini untuk mendukung gerakan Adiwiyata tersebut, mulai dari pembentukan Tim Adiwiyata Sekolah (TAS), pembagian tugas, melaksanakan berbagai kegiatan peduli lingkungan serta yang terpenting adalah melibatkan seluruh elemen baik internal maupun eksternal sekolah.

Salah satu program Adiwiyata SMK Krian 1 adalah Gerakan Sabtu Bersih. Program tersebut merupakan program baru yang di usulkan dari TAS bagian partisipatif. Memang selama ini kebutuhan akan lingkungan sekolah yang bersih sudah dilakukan oleh karyawan sekolah yang jumlahnya hanya 6 orang dan kondisi lingkungan SMK Krian 1 sudah tergolong bersih dan nyaman. Namun melihat konsep yang ditawarkan pada program Adiwiyata mengenai peran serta aktif seluruh elemen, maka SMK Krian 1 menilai program tersebut sangat bagus, karena dapat mengajak seluruh warga sekolah untuk sadar akan menjaga dan memperjuangkan bersama lingkungan yang bersih, sehat dan tentunya menimbulkan suasana yang nyaman.

Untuk itu program usulan TAS bagian partisipatif yang dikoordinasi oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan tersebut tidak lama untuk diwujudkan. Sabtu, 19 Agustus 2017 setelah mendapatkan persetujuan dari Bu Dhini Mekarsari kepala SMK Krian 1, maka program tersebut terlaksana dengan baik, melibatkan guru, siswa dan karyawan. Antusias dari peserta didik sangat luar biasa, mereka sangat senang bisa berperan serta dalam Gerakan Sabtu Bersih. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap hari Sabtu pada jam pelajaran pertama sampai dengan kedua. Secara teknis pelaksanaan tiap minggunya dilakukan oleh 3 kelas yang akan dijadwalkan.

Gerakan Sabtu Bersih merupakan salah satu bentuk kegiatan pendidikan karakter yang selama ini didengung-dengungkan pemerintah. Semoga dengan kegiatan tersebut, karakter peserta didik SMK Krian 1 sebagai komunitas penerus bangsa menjadi semakin baik khususnya tanggung jawab terhadap lingkungan hidup di sekitar mereka. Dan secara keseluruhan program Adiwiyata bisa membawa SMK Krian 1 sebagai sekolah yang menyumbangkan pendidikan terbaik kepada bangsa Indonesia tercinta ini.

Galeri Gerakan Sabtu Bersih SMK Krian 1

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU