[:id]PTA Gelombang I dan II 2017-2018[:]

[:id]

Mengacu Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, lampiran III dijelaskan bahwa fungsi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah Kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan memiliki empat fungsi yaitu, pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir. Oleh karena itu dedudukan kegiatan ekstrakurikuler dalam sistem kurikulum hendaknya tidak dipandang sebagai pengisi waktu luang, tetapi ditempatkan sebagai komplemen kurikulum yang dirancang secara sistematis yang relevan dengan upaya meningkatkan mutu pendidikan. Seluruh aktivitas didedikasikan pada peningkatan kompetensi peserta didik. Penyelenggaraan kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi peserta didik.

SMK Krian 1 yang selalu berusaha konsisten menjadi lembaga pendidikan yang dapat menjadi fasilitator calon Sumber Daya Manusia (SDM) potensial dan berkompeten, telah mendukung, menerapkan dan mengikuti secara menyeluruh program-program yang telah dirancang oleh pemerintah khususnya bidang pendidikan. Karena program yang telah dicanangkan oleh pemerintah tentu saja merupakan program pendidikan yang terbaik yang dapat diimplementasikan di Indonesia. Salah satu kegiatan rutin tahunan yang merupakan program kerja Waka Bidang Kesiswaan yang telah mengacu pada program pemerintah adalah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yaitu Pramuka.

Salah satu program kerja kegiatan ekstra yang dibina oleh Kak Muji Asmamik, S.Pd atau biasa dipanggil Kak Mamik tersebut adalah mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). PTA bermaksud untuk menyambut anggota baru pramuka SMK Krian 1 gugus depan dengan nomer 09105 untuk ambalan Gajah Mada (Putra) dan 09106 untuk ambalan Dewi Gayatri (Putri). Kegiatan yang dijadwalkan sebanyak 3 gelombang tersebut memberikan wawasan kepramukaan ciri khas SMK Krian 1.

PTA SMK Krian 1 dikemas dalam bentuk perkemahan Sabtu Minggu atau persami. Gelombang I dan II telah berlangsung dengan sukses pada tanggal 29-30 Juli 2017 dan 5-6 Agustus 2017, sedangkan gelombang III akan dilaksanakan pada pada bulan September 2017. Aura pelaksanaan PTA tahun ini begitu terasa berbeda, tamu ambalan baru sangat bersemangat, antusias, sehingga tercipta suasana yang meriah pada pelaksanaannya. PTA Gelombang I dibuka dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Waka Sarpras yaitu Bapak Heri Kristanto S,Pd dan didampingi oleh Kakak Mamik, Kakak Kadika Gading, turut pula pembina OSIS serta wali kelas dari tamu ambalan gelombang I. Inti dari amanat upacara pada pembukaan PTA gelombang I adalah : Semaksimal mungkin dapat menerapkan Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin malam, kegiatan PTA semakin meriah karena acara yang mereka nanti-nantikan akan dilaksanakan, yaitu api unggun ditambah pentas seni yang menampilkan kebolehan dari masing-masing kelompok yang telah mereka buat pada pagi harinya. Kegiatan berakhir cukup larut, karena kehangatan serta keceriaan para peserta mengalahkan dinginnya malam hari saat itu. Pada hari minggu, kegiatan dilanjutkan dengan outbon, tidak kalah heboh dari kegiatan sebelumnya, keikutsertaan yang all out ditunjukkan para peserta, tidak ada rasa canggung di antara mereka. Kegiatan serta suasana pada pelaksanaan PTA gelombang II kurang lebih sama dengan PTA gelombang I

Selamat bergabung para anggota ambalan baru dalam kegiatan pramuka SMK Krian 1 gugus depan dengan nomer 09105 untuk ambalan Gajah Mada (Putra) dan 09106 untuk ambalan Dewi Gayatri (Putri). Peran serta dan prestasi-prestasi kalian kami nantikan. Berikan yang terbaik untuk SMK Krian 1.

 

Galeri PTA Gelombang I

 

Galeri PTA Gelombang II

 

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU