[:id]Pemberangkatan Peserta PKL Tahun Ajaran 2017-2018 Gelombang I[:]

[:id]

Setelah mendapatkan pengarahan tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) kemarin, hari ini Jum’at 21 Juli 2017 pukul 06.45 WIB bertempat di lapangan SMK Krian 1 dilangsungkan upacara pemberangkatan siswa siswi peserta Paraktek Kerja Lapangan (PKL) tahun ajaran 2017-2018 gelombang pertama yang terdiri dari peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan 5 sampai 8, Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 4 dan Rekayasa Perangkat Lunak 3.

Sebagai pembina apel pemberangkatan PKL gelombang I tersebut adalah Bapak Indra Wahyu S, S.Pd, M.Mpd. Dalam amanatnya, beliau memotivasi kembali peserta PKL untuk bisa mengubah cara berfikir dalam menjalankan kegiatan PKL ini, karena cara berfikir saat bersekolah sangat berbeda dengan cara berfikir di suatu perusahaan atau unit usaha tertentu, peserta diharapkan mampu untuk bisa menyesuaikan diri. Kegiatan PKL juga sebagai sarana promosi untuk diri sendiri, “Kegiatan PKL merupakan sarana promosi untuk diri kalian masing-masing, sudah banyak kakak kelas kalian yang berhasil di PKL pada saat lulus dari SMK Krian 1 mereka langsung dipanggil bekerja kembali tanpa tes…” ujar Bapak Indra melanjutkan amanatnya.

Faktor penting dalam menjalankan PKL juga sangat perlu diperhatikan dari segi 3K  yaitu Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja. Memang pada saat kelas X telah diberikan pembekalan 3K dalam menjalankan praktik di SMK Krian 1, namun kondisi di tempat PKL masing-masing sangat berbeda bahkan lebih membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. “Tahun kemarin masih terjadi kecelakaan kerja yang dialami oleh kakak kelas kalian, untuk itu dimohon dengan sangat untuk lebih memperhatikan faktor 3K yang telah kalian dapatkan di kelas X…..” Himbauan dari Pak Indra sembari menunjukkan wajah yang serius.

Pak Indra juga menyampaiakn setiap tanggal 1, peserta didik yang menjalankan PKL wajib untuk datang ke sekolah. Meskipun sedang menjalankan PKL, mereka juga tetap memiliki tanggung jawab sebagai siswa SMK Krian 1. Hal tersebut bertujuan agar peserta PKL tidak tertinggal dalam materi pelajaran regular yang ada di sekolah, tanggung jawab mereka selama PKL tidak berkurang untuk tetap mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.

“Dalam menjalankan PKL, wajib menjaga nama baik sekolah…” hal tersebut diungkapkan Pak Indra dalam amanatnya, mengingat kerjasama antara pihak SMK Krian 1 dan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang selama ini sudah terjalain dapat berlangsung lebih lama dan lebih baik lagi. Ujung tombak relasi mutualisme tersebut adalah terletak pada peserta didik yang menjalankan PKL. Jika yang dilakukan oleh peserta didik PKL baik, maka baik pula relasi antara SMK Krian 1 dan DUDI.

Amanat terakhir dari Pak Indra sebelum melepas peserta PKL tidak kalah penting, yaitu “Saat mengalami permasalahan di tempat PKL, segera dikomunikasikan dengan pihak sekolah ….”. Hal tersebut penting mengingat peserta PKL terkadang bingung dan panik jika terjadi permasalahan yang menimpa mereka. Karena beberapa tahun yang lalu pernah terjadi, peserta PKL memutuskan untuk tidak masuk kerja karena ada permasalahan di tempat kerja, solusi tersebut bukanlahh solusi terbaik, sehingga peserta PKL tersebut harus mengulang PKL kembali. Pokja PKL baru tahu setelah sekian lama tiga hari peserta didik tersebu absen dari kerja. Jika ada inisiatif komunikasi dari peserta PKL lebih cepat, maka kejadian tersebut tidak akan terjadi, karena bagaimanapun hal tersebut sangat merugikan bagi peserta PKL itu sendiri.

Selamat menempuh PKL gelombang pertama, sukses selalu dan pergunakan momentum PKL sebagai tambang menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Galeri Pemberangkatan Peserta PKL Tahun Ajaran 2017-2018 Gelombang I

 

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU