[:id]Pengarahan Praktek Kerja Lapangan 2017-2018 Gelombang I [:]

[:id]

Kamis, 20 Juli 2017 pukul 08.00 WIB bertempat di aula Graha Family SMK Krian 1, telah berkumpul orang tua wali siswa kelas XI khususnya kelas yang telah terjadwal untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yaitu dari kelas XI Teknik Permesinan (TPM) 5 sampai dengan 8, dari Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 4 dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 3. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun sesuai dengan gelombang pemberangkatan peserta didik yang melakukan PKL, yaitu Gelombang satu sampai dengan tiga.

“PKL merupakan istilah terbaru dari dinas pendidikan, istilah sebelumnya bisa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) …”, hal tersebut menjadi kalimat pembuka yang disampaikan oleh Ibu Dhini Mekarsari, S.Pd, M.Mpd selaku kepala SMK Krian 1 dalam sambutannya menerima para orang tua wali peserta PKL gelombang pertama. Penjelasan tentang PKL dapat di lihat dalam tautan berikut : Praktek Kerja Lapangan.

Dalam sambutannya Bu Dhini juga memberikan informasi bahwa sejumlah 710 peserta didik kelas XI akan diberangkatkan dalam 3 gelombang, masa PKL masing-masing gelombang adalah selama tiga bulan. “PKL merupakan salah satu pembeda pendidikan di tingkat SMA dan SMK …”, hal tersebut merupakan penjelasan singkat Bu Dhini menekankan integritas pendidikan SMK yang lebih menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) siap untuk bekerja.

Setelah sambutan oleh Ibu Kepala SMK Krian 1, dilanjutkan sambutan oleh Bapak Fakih selaku ketua komite SMK Krian 1, beliau menyampaikan pentingnya keikutsertaan wali murid dalam ikut mengawasi peserta didik khususnya peserta didik yang melaksanakan PKL. Selain hal teresbut, beliau juga menyampaikan tentang perbedaan yang signifikan tentang jam aktivitas yang ditempuh peserta PKL, “Waktu yang dilakukan oleh siswa PKL lebih panjang daripada saat di sekolah …”, hal tersebut disampaikan supaya wali murid lebih menyiapkan anak-anaknya secara fisik maupun mental.

Pengarahan inti PKL disampaikan oleh Bapak Indra Wahyu S, M.Pd selaku ketua Kelompok Kerja (Pokja) PKL SMK Krian 1. Di awal pengarahan terebut beliau menyampaikan “PKL merupakan salah satu bagian mewujudkan visi misi SMK Krian 1 …”. Memang seperti pada sekolah kejuruan pada umumnya, SMK Krian 1 mempunyai visi untuk mengantarkan peserta didik dalam dunia profesionalisme, namun SMK Krian 1 lebih intensif dan serius dalam pelayanan mengantarkan peserta didik ke dunia profesional tersebut, hal ini dibuktikan dengan kebebasan peserta didik yang melakukan PKL untuk memilih tempat PKLnya. Meskipun berada di luar daerah bahkan di luar pulau-pun tidak masalah, SMK Krian 1 akan selalu memfasilitasi, tidak hanya melepas peserta didik berangkat PKL, setiap saat Pokja PKL selalu memantau dan mendampingi siswa-siswi tersebut. Dalam kesepakatan kegiatan PKL antara SMK Krian 1 dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), tertuang bahawa peserta didik yang melakukan PKL masih dalam rangka menempuh pendidikan, selain bekerja mereka juga masih belajar secara langsung kepada personil-personil profesional yang berkompeten dalam bidang keahliannya masing-masing.

Galeri Pengarahan Praktek Kerja Lapangan 2017-2018 Gelombang I

 

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU