[:id]Upacara Pembukaan MPLSPDB SMK Krian 1 2017-2018[:]

[:id]

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) SMK Krian 1 tahun ajaran 2017-2018 telah dilaksanakan pada hari ini, Selasa 18 Juli 2017 tepat pukul 06.30 WIB. Sejumlah tujuh ratusan siswa baru SMK Krian 1 hadir dengan penuh semangat dan antusias menyongsong lingkungan sekolah baru mereka. Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dahulu disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) sesuai dengan Permendikbud 18 tahun 2016 adalah :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Dengan landasan Permendikbud tersebut, SMK Krian 1 memprogram MPLSPDB tahun ini dengan suasana yang menyenangkan, bersahabat dan kekeluargaan. Dalam amanatnya Ibu Dhini Mekarsari, S.Pd, M.MPd menyampaikan ucapan selamat datang di SMK Krian 1 serta memberikan beberapa pengarahan, “Yang membedakan SMK dengan SMA adalah siswa SMK dibekali lebih banyak keahlian dan ketrampilan sesuai bidang keahliannya selain aspek pengetahuan”, hal ini yang menjadi dasar motivasi kepada peserta didik baru bahwa mereka tepat memilih SMK Krian 1 sebagai jalan menata masa depan mereka. “Karena waktu tidak bisa diulang lagi, pergunakan waktu kususnya saat di sekolah untuk membekali diri mempersiapkan masa depan”, Ibu Kepala SMK Krian 1 mempertegas pernyataan motivasinya.

Selain ucapan selamat datang dan motivasi, beliau juga menyampaikan uraian singkat tentang kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa SMK Krian 1, karena kegiatan ekstrakurikuler wajib diikuti oleh masing-masing peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan elemen penting dalam suatau sekolah, karena kegiatan tersebut merupakan sarana pemberi ‘warna’ dalam berkomunitas di sekolah. Diagendakan akan ada parade singkat ekstrakurikuler di akhir upacara pembukaan MPLSPDB.

Sebelum parade kegiatan ekstrakurikuler, Ibu Kepala SMK Krian 1 secara simbolis membuka acara MPLSPDB dengan pelepasan balon PLSPDB SMK Krian 1. “Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, MPLSPDB SMK Krian 1 tahun 2017-2018 dibuka”, menjadi kalimat Ibu Kepala SMK Krian 1 sebelum menggunting tali pelepasan balon. Tepuk tangan meriah dari peserta didik baru dan segenap dewan guru mengiringi meng-angkasanya baloon pembukaan MPLSPDB tersebut.

Belum selesai gemuruh tepuk tangan tersebut, iringan parade ekstrakurikuler memberi kejutan dengan tampilan apik serta memukau di teangah lapangan. Dibuka ekstrakurikuler Pramuka yang menampilkan perpaduan atraksi bendera simaphore dan musik modern, dilanjutkan ekstra paskibraka yang menjadi salah satu andalan juara SMK Krian 1, kemudian ekstra tari, ektra tari modern dan tidak ketinggalan ekstra pencak silat yang merupakan salah satu ekstra bela diri di SMK Krian 1 unjuk kebolehan di upacara pembukaan MPLSPDB SMK Krian 1. Parade tersebut bertujuan memotivasi peserta didik baru untuk lebih merasa tepat memilih sekolah di SMK Krian 1 karena masing-masing hobi, keahlian dan minat yang mereka memiliki di luar bidang pendidikan formal dapat juga tersalur dan terfasilitasi di SMK Krian 1

Selamat datang peserta didik baru, selamat bergabung dengan SMK Krian 1. Belajarlah dengan sukacita, menyenangkan dan penuh dengan semangat. Jadikan SMK Krian 1 sebagai rumah kedua kalian, sehingga kalian merasa nyaman dalam melakukan segala aktivitas posisitif. Dan semoga kalian memanfaatkan SMK Krian 1 sebagai sumber ilmu, galilah sebanyak mungkin ilmu yang ada untuk masa depan kalian. SMK Krian 1 Bisa.

Galeri Upacara Pembukaan MPLSPDB SMK Krian 1 2017-2018

[:]

Translate »
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU